Friday 19 April 2013

Bagaimana Mau Maju ?


tibalah waktunya tinggal 2 hari lagi Menuju waktu bertarung sesungguhnya dengan pensil dan lembar soal, yang akan menguras tenaga untuk berfikir dan menguras mental tentunya , Ujian Nasional tentunya ! ujian yang menurut gue hanya perlu ketenangan dan tetap santai saja !

Ujian Nasional biasa disingkat UN / UNAS adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.
Proses pemantauan evaluasi tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada akhirnya akan dapat membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.
Penentuan standar yang terus meningkat diharapkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan adalah penentuan nilai batas (cut off score). Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten bila telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara peserta didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan peserta didik yang belum menguasai kompetensi tertentu. Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara peserta didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kegiatan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.
Manfaat pengaturan standar ujian akhir:
_Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan tuntutan kompetensi minimum.
_Adanya standar yang sama untuk setiap mata pelajaran sebagai standar minimum pencapaian kompetensi.

ada yang beda dari ujian nasional di taun ini, ujian nasional dilaksanakan dengan sistem 20 paket  !, jdi 1 ruangan itu terdapat 20 jenis soal yang berbeda, dan ujian tahun ini di adakan dengan sistem BARCODE, dan di tahun ini pula ujian nasional menjadi momok yang memalukan, karena ujian nasional tahun iini sangat kacau balau, berbeda dengn tahun sebelumnya

lihat penyataan ini  : 
pernyataan ini keluar setelah adanya kisruh karena keterlambatan soal, dan penundaan waktu ujian, ada pula karena jenis kertas yang di gunakan terlalu tipis sehingga mudah rusak.
Apa yang terjadi di negara ini, ? apa hanya ingin cari sensasi dengan cara menjadikan berjuta Siswa/i SMA/SMP sebagai kelinci percobaan ? bellum tentu sistem ini akan membuat kualitas pendidikan di negara ini akan maju , seperti halnya di negara Maju ! kalau cuma ingin Menaikkan Kualitas Pendidikan di Indonesia, bukan begini caranya ! Salahkan para petinggi negara disana , Moral saja Tidak punya ! gimana mau maju ! mudah-mudahan hal ini bisa kita jadikan sebagai pembelajaran untuk di masa depannya 

 
kekesalan siswa karena UN

referensi :
wikipedia.com

4 comments:

  1. waduhh kalo di tiadakan jadi gimana ya. lulusan pake ujian sekolah doang ya jadi semseter akhir :D . kacau dahh. waktu paket 5 aja gak karuan kaget.

    ReplyDelete
  2. kalo UN di tiada kan, itu ga baik juga :s
    hanya butuh diringan kan sedikit saja lah ~

    ReplyDelete

DISINI anda Bisa berkmentar sesuka hati anda, karena blog ini menerima Kritikan, saran atau ocehan / lawakan belaka, kecuali yang berbau PORNO,SPAM,OR SARA Tidak ribet, tinggal memassukkan Koment anda dan Klik Publikasikan Tidak Pake CAPTCHA !!